Rabu, 11 November 2009

MEMBERIKAN DAYA PENGARUH YANG BESAR


MEMBERIKAN DAYA PENGARUH YANG BESAR

Oleh Nurul Hayati, S.Kep, Ners

Kepemimpinan itu adalah pengaruh, dan pengaruh adalah suatu ketrampilan yang dapat kita kembangkan.Pribadi yang ingn mempunyai daya pengaruh, harus focus terhadap beberapa hal penting, pertama terkait bagaimana konsep dirinya.Kedua apa karakter pengaruh yang diinginkan.Ketiga apa sarana utama yang akan ia gunakan untuk memberi pengaruh.Keempat apa target pengaruh yang diinginkannya.Kelima apa saja rincian program yang diyakini bisa mencapai target pengaruh yang diinginkan (kemana arah yang akan ditempuh)

Inilah bekal pertama yang paling efektif untuk bisa memberi pengaruh.Yakni konsep diri,atau bagaimana seseorang memandang dan menilai dirinya sendiri. Orang yang tidak memiliki konsep diri tidak akan bisa menetapkan arah tujuan yang ingin dicapainya. Ia ibarat orang yang terkatung-katung dalam hidup ini, akan mudah terpuruk oleh rintangan yang pasti dijumpainya Bahkan orang yang tidak memiliki konsep diri ia akan melakukan pekerjaan banyak dan panjang tapi hasilnya sama seperti ia memulai pekerjaan itu. Bisa jadi ia tidak sadar bila ia hanya berputar-putar diporos yang sama tanpa melakukan perjalanan apa-apa. Rasulullah saw adalah orang yang memiliki konsep diri yang baik, sehingga ia selalu memiliki perencanaan, arah tujuan dan tahapan perjalanan yang akan ditempuhnya

Siapapun yang ingin berinvestasi dalam sebuah aktifitas pengaruh, ia harus menyendiri terlebih dahulu.Ia harus menghayalkan semua masa depan yang begitu indah dan sukses.Ia harus memendam obsesi dengan ragam harapan yang sama sekali baru.Ia harus bermimpi tentang realitas yang lebih baik, karena kenyataan yang kita alami hari ini sesungguhnya adalah tumpukan obsesi dan mimpi hari kemarin dan karenanya obsesi dan mimpi hari ini adalah kenyataan yang akan kita alami besok.Pertanyaanya adalah mengapa kita berobsesi ? Menurut DR.Yusuf Qaradhawi yang paling penting ada pada dua hal, pertama seorang manusia sejatinya selalu memiliki keinginan untuk menjadi yang lebih baik dan lebih utama.Karena itu rasulullah bersabda seorang manusia menjadi tua dan muda dengan dua hal yaitu mengejar harta dan mengejar usia.Kedua, bahwa obsesi, keinginan cita-cita itu adalah cermin apa yang ada dalam jiwa, tanda tinggi atau rendahnya kebaikan atau keburukannya.Karena itu seorang ahli hikmah mengatakan `katakanlah kepadaku apa yang engkau cita-citakan maka aku dapat mengatakan kepadamu siapa dirimu.

Hati yang bersih dan jiwa yang tinggi akan selalu berharap, mencita-citakan kebaikan untuk seluruh manusia.Kita tahu bahwa obsesi, cita-cita dan mimpi (visi) itu bukanlah akhir suatu perjalanan karena itu setelah obsesi, cita-cita dan mimpi harus diikuti dengan sebuah kerja dan kesungguhan beramal untuk mewujudkannya.Bila tidak maka mimpi harapan,cita-cita itu tidak berdaya guna apapun dan tidak ada kebaikan apapun yang bisa diperoleh. Selain itu ia harus meningkatkan nilai dirinya bila ingin memiliki daya pengaruh dan kepiawaian mengelola hidup (organisasi)

A. KIAT-KIAT SUPAYA MEMILIKI DAYA PENGARUH BESAR

  1. Harus memiliki visi sesuai dengan konsep diri (visi pribadi )

Disampaikan pada kegiatan latihan kepemimpinan pengurus Ikatan Keluarga Mahasiswa

(IKM Akademi Keperawatan Lumajang, Sabtu 28 Maret 2009.

2

  1. Tulislah visi dan target yang anda inginkan serta langkah-langkahnya sehingga anda dapat menghafalnya.Jadikan semua visi dan target itu dalam pikiran anda secara terus menerus dimana anda bisa membacanya dan tidak mengandalkan ingatan saja. Karena sebuah tulisan memiliki energi yang mensuplai penulisnya untuk bisa komitmen mewujudkan apa yang ditulis.Ilmu itu ibarat hewan buruan dan tulisan itu adalah pengikatnya. Kajian ilmiah menunjukkan bahwa 80% dari orang-orang yang memiliki target secara definitive dan tertulis, berhasil mencapai target yang diinginkan dan hanya 20% saja dari orang-orang yang menginginkan sesuatu tanpa tertulis bisa berhasil mencapai keinginannya, selebihnya gagal.Kajian lain juga menyebutkan bahwa hanya 2% saja orang yang mempunyai target secara tertulis.Dan ada 14 % memiliki target tapi tidak tertulis dan 84% tidak memiliki target apa-apa.
  2. Fokus pada satu bidang atau maksimal dua bidang sesuai keahlian anda,
  3. Tetapka prioritas anda dengan jelas Jangan sampai anda menjadikan semua pekerjaan dan perhatian anda sebagai masalah prioritas, sehingga prioritas sebenarnya menjadi hilang
  4. Visi yang anda miliki harus menggabungkan antara unsure realita dan obsesi.Realitas maksudnya,visi itu bisa dicapai dan bukan sebuah hayalan.Obsesi berarti anda memiliki kekuatan dan tertantang untuk mendorong lebih serius dan sungguh-sungguh mewujudkan visi-misi itu.
  5. Jagalah agar anda selalu memiliki indicator kesuksesan yang terwujud dalam lima hal : focus dan jelas, terukur, disetujui, realistis, time schedule yang rinci.
  6. Anda tidak cukup memiliki visi yang jelas dan target atau misi yang cerdas.Tapi anda harus mengikuti program yang jelas dalam bentuk mampu merealisir target-target itu.Anda memerlukan sejumlah hal penting untuk mendukung misi anda sebagai support system, kebutuhan membuat institusi, merekrut staff atau orang yang bisa membantu, memperdalam skill dan janga terjebak pada kegiatan rutinitas tetapi rubahlah menjadi budaya kerja yang professional ,kreatif dan inovatif.

B. KUNCI UTAMA PENGARUH.

Menurut DR.Ali Al Hammadi, ada 2 hal kunci sukses yaitu :

  1. Ikhlash karena Allah swt
  2. Memohon pertolongan kepada Allah

Itulah dua kunci utama yang paling menentukan dalam pengaruh.Itulah tiang terpenting sekaligus paling efektif yang menjamin kesuksesan pengaruh sekaligus keberhasilan dunia akherat.banyak orang berusaha keras dengan mengeluarkan harta tidak sedikit, mengorbankan waktu dan pikiran begitu banyak, tapi mereka tidak mampu memunculkan pengaruh seperti yang diinginkan. Jadi termasuk sifat professional dalam beramal adalah kelurusan niat dan keikhlasannya karena Allah swt. Allah swt bisa memberkahi suatu amal yang sedikit lalu menjadikan amal itu diterima orang banya hingga membuka pintu pintu pengaruh pada mereka dari sisi yang tak terduga.Orang yang mendapatkan karunia ini, perkataan dan sikapnya menjadi begitu besar pengaruhnya.Pandangan matanya memberikan pengaruh, bahkan diamnyapu memberi pengaruh.Barang siapa yang bersama Allah, maka Allah akan bersamanya,memenangkannya dari musuh-musuhnya dan menjadikan mereka memiliki adanya pengaruh yang dahsyat.

Disampaikan pada kegiatan latihan kepemimpinan pengurus Ikatan Keluarga Mahasiswa

(IKM)Akademi Keperawatan Lumajang Akademi Keperawatan Lumajang, Sabtu 28 Maret 2009.

3

Orang-orang salaf(terdahulu) menuntut ilmu karena Allah swt, karena itulah mereka menjadi mulia dan menjadi para imam yang dijadikan contoh masyarakatnya. Ada orang yang tidak takut kepada Allah meski ia berilmu.Ia justru berkilah dan mengeluarkan fatwa dengan sesuatu yang mudah, bahkan mengeluarkan riwayat perkataan yang asing dan aneh.

C. BAGAIMANA CARA MEMPERLUAS PENGARUH ?

Cara yan mudah untuk bisa memperluas pengaruh adalah dengan mengambil manfaat dari seseorang yang memiliki pengaruh besar, dengan cara menjalin hubungan baik dengannya, berguru dengan ilmu, kedudukan, kemahiran, kepandaian, seni, semangatnya dan juga pandangan-pandangannya. Rasulullah bersabda “ seseorang tergantung dari agama temannya” Seperti kata penyair : jangan tanyakan tentang seseorang, tapi tanyakanlah siapa temannya.Setiap orang akan menyerupai temannya.

Anjuran untuk menemani dan lebih dekat dengan para tokoh yang memiliki pengaruh besar, tidak dimaksudkan kita memanfaatkan dan mengekploitasi mereka untuk kepentingan yang sangat terbatas.Tapi kita akan memanfaatkan mereka untuk kemaslahatan yang lebih luas, khususnya ketika kita berbicara tentang cara menciptakan pengaruh, skill mengelola kehidupan, kita memerlukan pengaruh positif yang menambah kekuatan pengaruh.

Jika anda ingin menjadi seorang orator yang hebat , dekatilah orang-orang yang memiliki kemampuan menyampaikan pidato yang berpengaruh.belajarlah dari cara yang dilakukannya, dari sikapnya dan dari semangatnya, tetapi jangan mengikuti keseluruhan apa yang mereka miliki .Tirulah sebagian dari kebaikan yang mereka miliki lalu kembangkan dengan berbagai kemampuan yang anda miliki.Dengan demikian anda memiliki cita rasa yang berbeda, khas da harus lebih baik.

D. HAL-HAL YANG MELEMAHKAN DAYA PENGARUH.

  1. Tidak mendapat taufiq dari Allah
  2. Sikap ragu-ragu
  3. Rasa takut
  4. Tidak yakin
  5. Lemah/tidak bersemangat
  6. Sungkan berbaur dengan orang berpengaruh
  7. Minder
  8. Tidak ada jiwa menantang / mudah menyerah
  9. kepuasan semu
  10. Bergaul dengan orang yang malas
  11. Tidak mau mencoba / berusaha
  12. Tidak konsisten (plin plan)
  13. Kesulitan dalam mengungkapkan pendapat
  14. Miskin informasi / tidak tahu
  15. Mudah putus asa
  16. Tidak serius / terlalu santai
  17. Terlalu memperhatikan masalah kecil dan mermehkan masalah besar
  18. Terburu-buru memetik hasil
  19. Tidak lapang dada
  20. Kebodohan, sebagaimana dikatakan seorang penyair `semua penyakit ada obatnya , kecuali kebodohan yang menjadikan seseorang menolak orang yang ingin mengobatinya`

Disampaikan pada kegiatan latihan kepemimpinan pengurus Ikatan Keluarga Mahasiswa

(IKM), Sabtu 28 Maret 2009.

4

DAFTAR PUSTAKA

Ali Al Hambali, DR (2008) Tetapkan Arah Yang Ingin Anda Tuju , Majalah Tarbawi Edisi 187, Jakarta

Ali Al Hambali, DR (2008) Kunci Utama Pengaruh , Majalah Tarbawi Edisi 198, Jakarta

Ali Al Hambali, DR (2009) Manfaatkan Orang Yang Mempunyai Pengaruh , Majalah Tarbawi Edisi 197, Jakarta

Date Carnegie (1996), Bagaimana Mencari akawan dan Mempengaruhi Orang Lain,Alih Bahasa Nina Fausia,N.S, Bina Rupa Aksara,Grogol Jakarta Barat

John C.Maxwell (1997) Mengembangka Kepemimpinan disekitar Anda,Alih Bahasa Anton Adiwiyoto,Professional Books, Jakarta

Disampaikan pada kegiatan latihan kepemimpinan pengurus Ikatan Keluarga Mahasiswa

(IKM), Sabtu 28 Maret 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar